BAGAIMANA MENDESAIN RUMAH SENDIRI

Jika Anda seperti kebanyakan pemilik rumah prospektif, Anda memiliki visi yang jelas tentang rumah impian Anda. Menemukan rumah yang 100% sangat cocok dengan preferensi dan keinginan Anda rasanya tidak mungkin, sehingga tidak ada salahnya Anda dapat mencoba mendesain rumah sendiri. Dengan sedikit bantuan buku tentang desain / sketsa dan beberapa ide inspirasional, Anda dapat mewujudkan visi Anda. Hal berikut dapat menuntun desain rumah yang menjadi preferensi anda.

A. INSPIRASI

Munculkan visi dasar.

Sebelum Anda menggambar satu garis, bayangkan rumah seperti apa yang ingin Anda tinggali. Tahap paling awal dari proses desain bukan tentang bahan bangunan atau pembagian ruang, tetapi tentang bagaimana Anda mendefinisikan keinginan Anda. Kemungkinannya, Anda sudah memiliki beberapa gambar dalam pikiran yang hanya perlu disempurnakan.

  • Pikirkan baik-baik tentang rumah yang Anda impikan. Bagaimana agar rumah tersebut terlihat menarik dan fungsional bagi Anda?
 
 Lihat publikasi arsitektur.

Menelusuri beberapa buku foto arsitektur dalam negeri atau majalah desain rumah di toko buku bisa menjadi cara yang baik untuk memulai desain. Anda akan mendapatkan gambaran yang bagus tentang trend desain saat ini, bersama dengan gaya-gaya yang populer dalam dekade terakhir atau baru saja populer di area sekitar anda. Anda mungkin melihat diri Anda tinggal di area yang dipengaruhi oleh hunian yang asri dan nyaman, atau condong ke sesuatu yang lebih ramping, modern, dan minimalis.

  • Karena selera yang terus berevolusi, banyak gaya desain yang telah lama dianggap usang (seperti Art Deco dan modern abad pertengahan) sekarang mulai trend kembali.
  • Jangan merasa Anda harus membatasi diri pada beberapa jenis arsitektur tertentu hanya karena itu yang modis. Gaya yang baik adalah gaya yang berbicara tentang kepekaan pribadi Anda.
 
Amati rumah-rumah di lingkungan yang memicu imajinasi Anda.

Pergilah berkendara melalui beberapa wilayah di lingkungan Anda dan perhatikan rumah-rumah di sana. Lupakan apakah rumah seperti itu mahal atau berada dalam kisaran tertentu. Untuk saat ini Anda hanya menampung ide yang dapat Anda simpan hingga tiba saatnya untuk mulai merancang rumah Anda sendiri.

  • Catat apa yang Anda sukai dari masing-masing properti, dan juga apa yang tidak Anda sukai.
  • Mengamati rumah-rumah yang siap dijual di kompleks perumahan baru. Sebuah open house dapat memberikan peluang besar untuk melihat lebih dekat rumah tertentu dalam dan luar.
 
Ambil foto rumah yang menarik untuk dipelajari nanti.

Saat Anda melihat rumah yang menarik perhatian Anda, keluarkan kamera Anda dan potret dari sudut sebanyak mungkin. Anda akan dapat menerima lebih banyak ide dengan memeriksa gambar di waktu luang Anda sendir. Foto juga menjadi bahan referensi yang bagus ketika Anda masuk ke bagian khusus dari menyatukan rumah Anda sendiri.

  • Gunakan kamera fotografi khusus atau kamera smartphone HD untuk mengambil foto Anda. Dengan begitu, lebih banyak detail utama yang akan terlihat.
  • Pastikan Anda mendapat izin dari pemilik rumah sebelum mengintip properti mereka.

B.   Mengatur dan Menyempurnakan Ide Anda

Menyusun anggaran

Alih-alih memulai dengan pertanyaan “berapa biayanya untuk membangun rumah impian saya seperti yang saya inginkan,” tanyakan pada diri sendiri “berapa banyak bahan rumah yang benar-benar mampu saya bangun?” Ini akan membantu Anda sampai pada sosok yang lebih realistis dan membawa visi Anda menjadi fokus dan jelas. Anggaran yang diartikulasikan akan menjadi kekuatan penuntun utama Anda dalam kemanjuan proses desain.

  • Jika ini adalah pertama kalinya Anda membangun rumah, mungkin akan memerlukan bantuan pihak lain seperti Bank yang dapat memberikan pembiayaan selama masa pembangunannya.
 
Simpan catatan desain.

Simpan catatan, corat-coret, dan renungan Anda. Buat secara sistematis catatan tersebut dan ini adalah sumber daya sederhana sebagai wadah desain rumah Anda yang nantinya akan terbentuk. Anda dapat menggunakan halaman-halamannya untuk menempelkan foto-foto, tab perhitungan, mengumpulkan info kontak untuk kontraktor potensial, dan melacak detail penting lainnya yang terkait dengan proyek.

  • Bagilah isi catatan Anda menjadi beberapa bagian berdasarkan ruang dan gunakan tab berwarna untuk menandai halaman. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melompat di antara skema untuk berbagai bagian rumah.
  • Mengkompilasi semua materi Anda di satu tempat akan memungkinkan Anda bekerja jauh lebih efisien daripada tersebar di beberapa tempat untuk menemukan apa yang Anda cari.
 
Pertimbangkan kebutuhan pribadi Anda.

Sekarang setelah Anda mulai serius mendokumentasikan apa yang Anda inginkan, saatnya untuk memusatkan perhatian pada apa yang Anda butuhkan. Di sinilah pertimbangan seperti ruang, privasi, dan teknik bangunan spesifik akan ikut berperan. Anda mungkin sudah memperhitungkan banyak factor dan mengidentifikasi mana ruangan yang harus dan tidak atau sebagai opsional.

  • Untuk menentukan jenis ruangan yang tepat untuk Anda, mungkin membantu untuk menjabarkan jumlah, usia, dan hubungan orang-orang yang akan menggunakannya.
 
Buat daftar item yang penting.

Di bawah judul individual untuk masing-masing ruangan, mulailah memberi nama fasilitas yang hanya perlu Anda miliki. Mungkin Anda tergila-gila dengan dapur yang modern, atau Anda selalu menginginkan jendela ruang atau ruang tamu dengan sudut baca yang nyaman. Ini bagian yang penting dan biarkan imajinasi Anda bekerja dan menggelitik keinginan Anda.

  • Dapatkan se-spesifik mungkin informasi yang dapat Anda berikan kepada arsitek atau tim kontraktor Anda maka akan semakin dekat rumah idaman Anda sesuai dengan impian dan imaginasi awal Anda.
  • Saat Anda mulai menyusun denah lantai seharusnya anda sudah mulai menyortir item dan perabotan penting pada daftar Anda.
 
Buat sketsa kasar denah lantai.

Blok terlebih dahulu area dasar, misalnya Anda bisa memasukkan dua kamar tidur di salah satu ujung lantai bawah, dengan tempat tidur utama dan kamar mandi yang bersebelahan di seberang aula. Sisakan ruang di tengah tata ruang Anda untuk ruang keluarga terbuka atau ruang belajar, lalu isi ujung lainnya dengan dapur, ruang cuci/gosok, ruang makan, dan ruang penting lainnya.

  • Agar rencana lantai Anda tidak membingungkan, fokus menyelesaikan satu level pada satu waktu. Ketika Anda sudah selesai dengan lantai bawah, Anda dapat beralih ke merencanakan lantai atas.
  • Ingatlah selalu kebutuhan Anda dan keluarga Anda dan cobalah untuk membuat konfigurasi yang mewakili kenyamanan dan kemudahan.

C.  Menyelesaikan Rencana Anda

Gunakan software untuk membuat denah

Program-program seperti Arsitek Virtual, Sketcher, dan Home Designer Suite memudahkan pemilik rumah menghadirkan desain pensil dan kertas menjadi nyata di layar. Cukup gunakan alat dan fitur yang disertakan untuk menciptakan kembali setiap aspek dari denah Anda. Anda kemudian akan memiliki gambar yang presisi yang nantinya akan diselesaikan oleh kontraktor/pemborong.

  • Luangkan waktu Anda untuk memperbaiki layout desain Anda. Setiap kesalahan yang Anda buat selama tahap desain tidak akan memakan biaya daripada perubahan selama masa pembangunannya.
 
Konsultasikan dengan arsitek untuk membahas rencana Anda.

Dengarkan dengan cermat ketika mereka membagikan masukan profesional mereka dan menerima saran apa pun yang mereka tawarkan. Bagian Anda dari desain adalah mengetahui apa yang Anda inginkan. Adalah tugas mereka untuk memastikan bahwa tujuan Anda untuk rumah Anda terpenuhi sesuai imajinasi awal anda.

  • Beberapa pertimbangan arsitek Anda akan memeriksa struktur desain, utlitas bangunan, kode bangunan lokal, kesesuaian properti sekitarnya, dan hal-hal praktis lainnya yang bukan spesialisasi Anda.
  • Arsitek akan dibayar sesuai paket yang anda minta, dapat berupa desain saja, pengurusan perizinan, pengawasan konstruksi dan lain-lain. Anda dapat menilai kompetensi Arsitek yang anda gunakan selama masa wawancara pradesign ini. 
 
Periksa desain Anda dengan tim pembangun.

Setelah Anda dan konsultan arsitektur memiliki denah lantai Anda seperti yang Anda inginkan, pekerjaan Anda selesai. Yang tersisa untuk dilakukan adalah menyerahkan desain Anda yang sudah selesai kepada profesional. Arsitek rumah yang berpengalaman akan membantu memperbaiki desain Anda dan memberikan referensi kontraktor yang kompeten, handal dan terpercaya.

  • Bersiaplah untuk menerima perubahan rencana desain pada menit-menit terakhir jika bagian dari desain Anda terbukti tidak  dapat direalisasikan. Setidaknya anda sudah mendapatkan 75% dari keinginan anda.

Untuk mendapatkan layanan jasa desain dan konstruksi pembangunan bagi rumah idaman anda. Silahkan hubungi kami Metcoarsitek di info@metcoarsitek atau dapat melalui telepon untuk detail permintaan lebih lanjut. Gratis Konsultasi.

Sumber:  Berbagai Sumber